Panduan Pemasaran Video Termudah Untuk Menumbuhkan Merek Anda di Tahun 2023

shape image

Panduan Pemasaran Video Termudah Untuk Menumbuhkan Merek Anda di Tahun 2023

Pemasaran video digital adalah industri senilai $135 miliar dolar di Amerika Serikat saja. Dalam beberapa tahun terakhir, video mendapatkan popularitas besar sebagai format pemasaran konten dengan lebih dari 50% konsumen online ingin melihat video dari merek dibandingkan dengan format konten lainnya. 

Panduan Pemasaran Video Termudah Untuk Menumbuhkan Merek Anda di Tahun 2023


Artinya, jika merek Anda tidak menggunakan video untuk memasarkan produk dan layanannya, itu tidak akan cocok dengan persaingan. Tetapi mengapa begitu banyak merek masih ragu untuk memulai pemasaran video? Alasan utamanya adalah biaya dan hambatan masuk yang tinggi. Meskipun Anda dapat menangani proses pembuatan video menggunakan editor yang mudah digunakan seperti InVideo , Anda juga perlu mempelajari berbagai aspek pemasaran video untuk memanfaatkannya sebaik mungkin. 

Itulah mengapa kami menyusun panduan pemasaran video komprehensif yang akan membawa Anda melalui semua yang perlu Anda ketahui tentang subjek tersebut untuk memulai. Inilah yang tercakup dalam artikel:

- Apa itu pemasaran video?
- Mengapa pemasaran video penting?
- Jenis pemasaran video
- Bagaimana cara membuat strategi pemasaran video untuk merek Anda?
- 13 contoh pemasaran video terbaik
- Kiat pro untuk pemasaran video

Kiat pro: Anda dapat membuat pemasaran video menjadi lebih mudah dengan InVideo untuk bisnis tempat Anda bisa mendapatkan template yang dibuat khusus dan pengeditan video sesuai permintaan untuk membuat video yang menarik bagi merek Anda dengan mudah dan cepat. Dapatkan demo gratis Anda di sini .

Mari kita mulai. 

Apa itu pemasaran video?

Pemasaran video menggunakan konten video untuk terhubung dengan audiens Anda untuk mempromosikan produk atau fitur, mendidik, atau meningkatkan keterlibatan media sosial . Pemasaran video memberikan media baru yang lebih menarik dan menarik bagi merek sehingga mereka dapat berinteraksi dengan pelanggannya.

Video adalah cara yang lebih baik untuk memberikan tutorial dan testimonial serta membuka peluang baru untuk berinteraksi secara dekat dengan penonton melalui  streaming langsung. 


Mengapa pemasaran video penting?

Sebuah studi oleh wyzowl menemukan bahwa sekitar 87% pemasar mengamati peningkatan lalu lintas setelah menggunakan video untuk pemasaran. Selain itu, 94% pemasar menemukan bahwa audiens dapat lebih memahami produk saat dijelaskan melalui video dan 86% dari mereka dapat menghasilkan lebih banyak arahan menggunakan video. 

Video lebih interaktif dan dengan demikian membantu pelanggan Anda mengasosiasikan lebih baik dengan merek Anda serta menyimpan lebih banyak informasi. Dibandingkan dengan hanya 10% retensi dalam konten berbasis teks, video cenderung memiliki retensi setinggi 65%. Ini berarti bahwa 65% orang mengonsumsi seluruh video Anda dibandingkan dengan hanya 10% yang mengonsumsi postingan blog yang Anda tulis. 


Secara keseluruhan, video penting jika Anda ingin melibatkan pemirsa, membantu mereka mempertahankan lebih banyak informasi, dan akhirnya mengubahnya menjadi pelanggan yang membayar. Jika Anda ingin membuat video untuk merek Anda sendiri, pertimbangkan untuk mendaftar ke InVideo untuk bisnis tempat Anda bisa mendapatkan template yang disesuaikan untuk kebutuhan merek Anda. Dapatkan demo gratis Anda di sini . 


Sekarang mari kita lihat jenis pemasaran video untuk merek Anda. 


Jenis pemasaran video

Sekarang setelah Anda memahami mengapa pemasaran video itu penting, mari kita lanjutkan dan lihat berbagai jenis video yang dapat Anda buat untuk merek atau bisnis Anda agar dapat berkembang. 


1. Video Media Sosial

Video media sosial membantu Anda menjangkau orang-orang yang aktif di media sosial dan memposisikan produk atau layanan Anda sebagai solusi untuk masalah mereka. Anda dapat menggunakan platform seperti Instagram , Tiktok , Facebook , Twitter , dan platform sosial lainnya untuk menyimpan video semacam itu atau bahkan menyematkannya di situs Anda. Video-video ini terus memberi tahu pelanggan tentang apa yang terjadi dengan bisnis Anda. 


Sebagian besar merek menggunakan platform media sosial untuk membuat konten singkat dan mudah dikonsumsi yang mencapai berbagai tujuan mulai dari menyebarkan kesadaran tentang merek dan membangun komunitas online hingga membantu mendorong penjualan. Nah video media sosial sendiri bisa bermacam-macam jenisnya, yuk simak yang paling populer berikut ini: 


sebuah. Video berformat pendek

Sebagian besar platform media sosial mendorong konten bentuk pendek dalam bentuk Reels atau TikTok . Ini adalah video dalam format vertikal yang berdurasi kurang dari satu menit dan memenuhi seluruh layar ponsel. Ini dioptimalkan untuk dilihat di perangkat seluler. 


Video berdurasi pendek memberi Anda banyak fleksibilitas untuk bereksperimen dengan gaya pembuatan video yang berbeda guna menemukan cara terbaik untuk membuat pemirsa tetap terlibat. Lihatlah bagaimana National Geographic melakukan ini untuk membicarakan topik-topik penting tentang manusia dan lingkungan: 




Untuk membuat video seperti itu, Anda perlu memahami cara menyampaikan pesan secara ringkas serta mempelajari cara menarik perhatian orang sejak awal. Dan untuk membuat video pendek dengan mudah, Anda dapat mengambil bantuan editor video Instagram InVideo , yang memberi Anda akses ke ratusan template yang sedang tren, stok video, dan perpustakaan musik yang sangat besar. Dan untuk mempermudah, daftar ke InVideo untuk bisnis guna mendapatkan template Instagram yang dibuat khusus untuk merek Anda. Dapatkan demo gratis Anda di sini .


b. Video berdurasi panjang

Meskipun video berdurasi pendek sudah menjadi norma akhir-akhir ini, video berdurasi panjang masih memiliki tempatnya dalam hal penjelasan, testimonial, atau topik lain apa pun yang perlu dibahas secara mendalam. 


Merek dapat menggunakan video berdurasi panjang yang menarik, mengemasnya dengan informasi relevan yang berguna bagi pemirsanya, dan mendapatkan banyak daya tarik dengan cara itu. Jenis video ini memberikan peluang besar bagi merek untuk menceritakan kisah mereka dan terhubung dengan pemirsa dengan lebih baik. 


Gary Vaynerchuk , pengusaha Belarusia-Amerika, menampilkan video berdurasi panjang sebagai bagian dari model bisnisnya. Ini memberikan nilai besar bagi pemirsanya dan sebagai hasilnya, menarik banyak perhatian. Videonya ini berdurasi lebih dari satu jam tetapi memiliki sekitar 900 ribu penayangan.




Saat membuat konten berdurasi panjang, Anda benar-benar harus fokus pada storytelling. Skrip video Anda dengan baik sehingga Anda tidak memperpanjang topik lebih dari yang diperlukan. Setelah Anda memiliki perencanaan, lanjutkan dan rekam lalu edit video Anda menggunakan editor video InVideo . 


c. Video streaming langsung

Video streaming langsung persis seperti yang terdengar: video dialirkan langsung saat sedang berlangsung. Anda dapat menggunakan video streaming langsung untuk tujuan yang berbeda, tetapi penggunaan yang populer adalah untuk mendokumentasikan dan berbagi acara saat sedang berlangsung. Misalnya, Anda dapat melakukan streaming langsung obral Black Friday di toko Anda dan membiarkan pelanggan melihat produk mana yang paling cepat terjual. Atau Anda bisa mengundang influencer atau selebritas untuk mengobrol dengan penggemar selama sesi tanya jawab di Facebook Live .


Apple menyiarkan langsung acara apel di mana merek tersebut memperkenalkan produk baru atau versi baru kepada pemirsanya. Video-video tersebut dirinci dan berbicara tentang semua fitur dan spesifikasi teknis secara langsung dengan penonton. 




Saat video streaming langsung, Anda tidak mendapatkan pengulangan sehingga Anda ingin merencanakan penyiapan, subjek, dan detail kecil lainnya terlebih dahulu sehingga Anda tidak mengalami masalah. Anda juga ingin memastikan Anda memiliki koneksi internet berkecepatan tinggi. 


d. video AR 

Augmented reality (AR) adalah cara baru untuk mempromosikan bisnis, merek, atau produk Anda. Ini adalah pengalaman virtual interaktif yang memungkinkan pengguna menempatkan objek 3D ke dalam lingkungan mereka. AR memberikan kemungkinan tak terbatas bagi merek untuk terhubung dengan audiens mereka dan menciptakan pengalaman yang tak terlupakan.


Dengan AR, Anda dapat menambahkan elemen 3D ke video Anda untuk memungkinkan pemirsa berinteraksi dengan mereka melalui ponsel cerdas mereka. Ini menciptakan pengalaman visual dan interaktif yang menarik bagi mereka. Misalnya, Anda dapat menambahkan objek 3D seperti cangkir kopi atau kotak pizza ke video Anda. Kemudian, saat pemirsa mengarahkan ponselnya ke objek tersebut, objek tersebut akan tampak nyata di lingkungannya.


Misalnya, lihat bagaimana AirCard membuat kartu augmented reality yang mudah diingat dan dipesan lebih dahulu yang bersifat menarik dan bersifat pribadi yang mereka posting di saluran Youtube mereka.




Perangkat lunak seperti Spark AR dan Lens studio dapat digunakan untuk membuat video AR dengan mudah. Anda dapat mulai dengan menambahkan video dan ikon Anda, lalu mengirimkan efeknya ke platform media sosial.


2. Iklan video

Menurut HubSpot , lebih dari 80% pemasar percaya bahwa iklan video sangat penting untuk strategi pemasaran mereka dan memberi mereka ROI yang positif. Alasannya adalah semakin banyak konsumen yang mulai menyukai konten video daripada iklan siaran tradisional. 


Iklan video adalah yang terbaik jika Anda ingin menciptakan kesan abadi pada merek Anda dan membuatnya lebih populer. Mereka membantu Anda menjangkau lebih banyak audiens dan meningkatkan pengenalan merek.


Mari kita lihat beberapa jenis iklan video yang dapat Anda gunakan untuk merek Anda:


1. Iklan video media sosial

Iklan video media sosial adalah video yang kita lihat di cerita dan feed halaman media sosial kita. Iklan ini sangat menarik dan sangat efektif dalam menarik audiens untuk mengambil tindakan.


Iklan video di media sosial dapat muncul dalam berbagai format, termasuk di umpan Anda (untuk Facebook, Instagram, dan Twitter), di cerita Anda , di halaman jelajah, dan bahkan saat menelusuri Reel dan TikTok Anda. 


Iklan media sosial dirancang untuk menarik perhatian pengguna saat mereka menggulir konten secara online dan menawarkan bisnis cara yang ampuh untuk bertemu audiens mereka di tempat mereka menghabiskan sebagian besar waktu mereka. Ambil contoh bulu mata Lola ini , yang menggunakan iklan cerita untuk menyajikan perbandingan bagaimana menggunakan bulu mata dapat mempercantik penampilan. Iklan tersebut berfokus untuk menunjukkan bulu mata magnetik yang mudah digunakan dan tidak beracun. 




Iklan tersebut membantu mereka menarik perhatian wanita dan pria di komunitas kecantikan yang mencari bulu mata berkualitas lebih tinggi yang dapat membantu mereka mempercantik penampilan. Anda dapat membuat iklan seperti ini dengan mudah menggunakan pembuat iklan InVideo .


Namun, pertama-tama Anda harus memahami siapa audiens Anda dan jenis konten apa yang sesuai dengan mereka. Maka Anda perlu mencari tahu di platform mana mereka menghabiskan waktu paling banyak dan menargetkannya. Ingatlah bahwa Anda perlu menyesuaikan konten Anda — video, gambar, salinan, dll. untuk audiens yang berbeda serta platform yang berbeda. Lihat panduan ini di iklan Facebook , iklan Instagram , dan iklan YouTube untuk mendapatkan pemahaman yang lebih dalam tentang cara membuat iklan untuk masing-masing platform media sosial ini. 


Kiat pro: Untuk mempercepat pembuatan iklan video Anda, daftar ke InVideo untuk bisnis tempat Anda bisa mendapatkan kerangka iklan yang disesuaikan dan pengeditan video sesuai permintaan. Dapatkan demo gratis Anda di sini .


b. Iklan TrueView 

Iklan video TrueView adalah iklan video yang dapat diabaikan yang diputar sebelum, selama, atau setelah video lain di YouTube. TrueView memiliki dua format: in-stream dan discovery.


Iklan dalam-aliran diputar sebelum pemirsa menonton video yang mereka pilih di YouTube (dan juga dapat diputar di situs web dan aplikasi mitra), sedangkan iklan penemuan muncul di seluruh YouTube bersama dengan konten reguler dan di seluruh jaringan display Google.


Dengan iklan TrueView in-stream dan discovery, uang Anda hanya dibelanjakan ketika pemirsa menonton iklan Anda setidaknya selama 30 detik atau sampai akhir iklan Anda – mana saja yang lebih dulu. Pengiklan membayar ketika seseorang memilih untuk menonton iklan (CPV) daripada hanya melihatnya (CPM).


Swiggy , platform pesan-antar makanan, menggunakan iklan video tampilan nyata untuk menampilkan fitur barunya dan mempromosikan mereknya. Intro yang menarik ini menarik perhatian pengguna dan membujuk mereka untuk mengklik iklan. Ini adalah contoh yang bagus:




Untuk membuat iklan video true-view Anda sendiri, Anda perlu memahami bahwa lima detik pertama harus memberikan kesan yang membuat pemirsa menonton sampai akhir. Anda dapat memulai dengan merencanakan skrip singkat untuk iklan Anda, lalu membuat video yang menarik. Mulai kampanye baru di Google Ads, dan isi detailnya langkah demi langkah untuk membuat iklan trueview Anda. Anda dapat menyusun video ini menggunakan pembuat iklan InVideo untuk membuat iklan yang menarik hanya dalam hitungan menit.


c. Iklan Asli

Iklan asli dirancang untuk muncul sebagai bagian dari halaman tempatnya berada, bukan sebagai spanduk atau kotak video biasa. Anda dapat menggunakan jenis iklan ini untuk mempromosikan konten bersponsor, yang merupakan bentuk iklan yang tidak serta merta menampilkan dirinya sebagai iklan. 


Catatan : Iklan asli dan konten bersponsor belum tentu berupa video, tetapi dapat berisi elemen video yang mempromosikan produk atau layanan.


Infusionsoft membuat iklan video asli Facebook ini untuk mempromosikan tutorial YouTube langkah demi langkah tentang cara memulai Facebook live. Judul utama dimaksudkan untuk menarik perhatian orang - “Pelajari semua yang Anda butuhkan untuk memulai Facebook Live pertama Anda—dengan mempertimbangkan ROI.” Ada deskripsi dalam video, diikuti dengan CTA yang dapat diklik yang tersedia bagi penonton untuk mengambil tindakan kapan saja. 




Untuk membuat iklan bawaan, Anda perlu melakukan penargetan yang benar dengan mempelajari wawasan secara menyeluruh, mengukur dampak, dan pengujian A/B. Anda juga harus memahami pola pikir pengguna asli saat mereka mengklik untuk mempelajari lebih lanjut tentang merek atau produk. Melibatkan mereka dengan konten yang menarik menjadi lebih penting. Anda dapat menggunakan pembuat iklan InVideo untuk membuat iklan asli video dalam sekejap. Anda juga dapat menggunakan efek , teks , dan foto agar lebih menarik.


Kiat pro: Alihkan pembuatan iklan merek Anda ke InVideo untuk bisnis dan jadikan pembuatan iklan Anda lebih mudah dan lebih cepat dengan kerangka yang dibuat khusus dan pengeditan video sesuai permintaan. Dapatkan demo gratis Anda di sini .


3. Video pendidikan

Video pendidikan sangat bagus untuk situs web, media sosial, dan pemasaran email Anda . Mereka memungkinkan Anda memamerkan keahlian Anda sambil mengedukasi audiens Anda secara bersamaan — dan mereka juga merupakan alat yang sangat baik untuk menghasilkan prospek. 


Pertama, berikan nilai kepada audiens Anda dengan video pendidikan yang memandu mereka melalui proses tertentu atau menunjukkan kepada mereka cara melakukan sesuatu. Anda juga dapat membuat konten edukasi dengan menampilkan testimoni pelanggan atau studi kasus. Terakhir, jika Anda ingin pelanggan mengambil tindakan, beri tahu mereka apa yang harus dilakukan selanjutnya dengan menyarankan video atau penawaran lain.


sebuah. Tutorial 

Tutorial adalah video yang menjelaskan cara melakukan sesuatu langkah demi langkah. Tutorial berguna saat pemirsa ingin mempelajari cara menyelesaikan tugas tertentu. 


Jika Anda meminta pemirsa untuk menyelesaikan tugas, seperti menggunakan perangkat lunak atau mempelajari keterampilan baru, tutorial adalah salah satu cara yang bagus untuk membantu mereka mencapai tujuan tersebut dan membimbing mereka melalui langkah-langkah yang dapat dikelola. Anda juga dapat membuat tutorial untuk topik yang kompleks.


Lihat video yang dibuat Sony untuk memandu penggunanya melalui pengaturan pengalaman PlayStation VR mereka. Mereka telah menggunakan efek khusus untuk membantu audiens mereka menyelesaikan proses dengan mudah dan membuat kontennya menyenangkan dan menarik dalam prosesnya. 




Untuk membuat video tutorial, rencanakan bagaimana Anda akan memberikan instruksi dan memecahnya menjadi langkah-langkah. Tulis skrip , rekam audio, lalu rekam layar Anda. Anda kemudian dapat mengedit atau memangkas perekaman layar ini dan menyesuaikan kembali dengan audio. Pembuat video InVideo dapat membantu Anda mengedit dan menggabungkan video Anda dalam hitungan menit. Anda dapat menambahkan sulih suara dan juga menyempurnakan video dengan efek keren.


b. Pembaruan industri

Pembaruan industri adalah video informasi singkat yang memberikan berita terbaru tentang perusahaan atau bidang kepada pemirsa. Sangatlah penting untuk terus mengikuti perkembangan video ini agar orang-orang tetap mendapat informasi tentang perubahan apa pun di industri Anda.


"Terbaru", dalam pengertian ini, berarti "terbaru" atau "terkini". Anda harus selalu memastikan bahwa Anda memiliki informasi terbaru tentang industri Anda. Dengan cara ini, Anda akan dapat mengikuti ide, produk, dan tren baru. Memiliki informasi terbaru akan memberi Anda keunggulan dibandingkan pesaing yang mungkin belum tahu apa yang terjadi di bidangnya.


Saluran pelatihan photoshop di youtube memperbarui pemirsanya dengan pembaruan terbaru tentang Photoshop pada tahun 2022. Ini mencantumkan fitur dan alat baru yang ditambahkan baru-baru ini dan berbicara secara mendalam tentang masing-masingnya. 




Untuk membuat video pembaruan industri, Anda harus membuat daftar kejadian terbaru yang penting dan mengaturnya sesuai urutan prioritas. Anda kemudian dapat merekam diri Anda berbicara tentang pembaruan ini atau membuat video tayangan slide dengan pembaruan yang disertakan di dalamnya dalam bentuk teks dan foto. Editor video InVideo dapat membantu Anda membuat video pembaruan industri dengan cepat dan mudah menggunakan fitur-fiturnya yang efisien. Inilah template cepat yang bisa Anda mulai


c. video DIY 

Kependekan dari video "do-it-yourself", video DIY bersifat nyaman dan pribadi. Mereka menunjukkan kepada pemirsa Anda cara mencapai tugas atau aktivitas yang relatif sederhana. Ini bisa berkisar dari membuat karangan bunga hidup hingga mengganti oli di mobil. 


Video DIY luar biasa karena dua alasan: mereka memamerkan keahlian Anda dan dapat menjadi sumber lalu lintas organik yang baik. Kosmetik gula memberikan ide kepada pemirsanya tentang cara merias wajah dengan benar sendiri. Ini membagikan kiat riasan yang trendi dan menarik yang dapat diikuti audiens menggunakan produk mereka.




Jika Anda ingin membuat video DIY, uji kepraktisan dan relevansi ide Anda terlebih dahulu. Kemudian jika idenya layak untuk dibagikan, berikan penjelasan langkah demi langkah. Anda kemudian dapat merekam video yang mendemonstrasikan ide DIY Anda. Editor video InVideo dapat membantu Anda mengedit video ini dengan mudah dan membantu Anda menjadikannya lebih baik dengan efek dan animasi teks.


Kiat pro: Buat video pendidikan untuk merek Anda dengan mudah dengan mendaftar ke InVideo untuk bisnis tempat Anda mendapatkan akses ke templat pendidikan yang disesuaikan untuk merek Anda. Dapatkan demo gratis Anda di sini .


4. Video kesaksian 

Video testimonial dimaksudkan untuk membantu pelanggan mempercayai merek Anda. Ini menampilkan testimonial dari pengguna nyata yang menganggap video Anda bermanfaat dan mereka meningkatkan kredibilitas Anda dengan menggunakan rekomendasi dari mulut ke mulut orang lain untuk menceritakan kisah Anda. 


sebuah. Testimoni Pelanggan 

Video testimoni pelanggan menampilkan pelanggan berbicara tentang pengalaman mereka menggunakan produk atau layanan Anda. Mereka bisa menjadi alat yang ampuh bila digunakan di tempat yang tepat di corong penjualan Anda.


Video testimonial pelanggan yang sederhana dapat direkam dengan cepat dan mudah, menjadikannya sempurna untuk dibagikan di saluran media sosial. Namun, mereka juga dapat digunakan di beranda atau di dalam halaman penjualan.


Jika Anda memiliki pelanggan yang puas yang bersedia membicarakan pengalaman mereka dengan bisnis Anda, ini adalah video yang bagus untuk ditampilkan. Anda dapat meminta mereka untuk berbicara tentang perspektif mereka tentang bagaimana rasanya bekerja dengan Anda dan bagaimana produk atau layanan Anda telah membantu mereka. Google UK memutuskan untuk menampilkan salah satu pendapat pelanggan mereka dalam bentuk video – keputusan yang sangat cerdas karena pendapatan utama mereka berasal dari iklan penelusuran. Dan mereka melakukan pekerjaan dengan baik!




Anda dapat meminta pelanggan Anda untuk membuat video testimoni tentang pengalaman mereka dengan merek Anda. Video-video ini dapat digabungkan bersama untuk membuat video testimonial pelanggan yang menyoroti kepuasan pelanggan merek tersebut. Anda dapat mengambil bantuan dari pembuat video InVideo untuk menyusun video yang menarik atau memulai dengan menggunakan templat testimonial siap pakai . 


b. Kesaksian karyawan

Kesaksian karyawan adalah video yang berfokus pada orang-orang yang bekerja untuk perusahaan Anda. Jenis video ini dapat bermanfaat baik secara internal maupun eksternal. Mereka penting sebagai bagian dari inisiatif budaya perusahaan, membantu calon karyawan belajar lebih banyak tentang bekerja di perusahaan Anda.


Jika Anda sedang mempertimbangkan video testimonial karyawan, berikut adalah beberapa cara untuk menggunakannya:


- Menunjukkan bagaimana lingkungan kerja kolaboratif dan mendukung.

- Jelaskan mengapa anggota tim senang bekerja untuk organisasi - ini membantu membangun keterlibatan karyawan.

- Tunjukkan kepada karyawan baru bagaimana rasanya menjadi bagian dari organisasi sebelum hari pertama mereka, mengurangi kegugupan atau ketidakpastian tentang memulai posisi baru.

- Menyoroti bagaimana anggota tim menjadi pemimpin di dalam departemen mereka atau di departemen lain dalam organisasi; jenis pengakuan dan dukungan ini akan memotivasi orang lain untuk terus melakukan pekerjaan terbaik mereka.


Berikut adalah contoh karyawan di perusahaan perangkat lunak komputasi awan, Okta berbicara tentang hubungan mereka dengan Adobe karena mereka membantu mereka mengatasi masalah tertentu karena Okta bekerja dengan Adobe. Ini menyoroti lingkungan kerja yang sangat baik di perusahaan sambil membantu Okta membangun kepercayaan dan kredibilitas.




Untuk membuat video testimonial karyawan seperti ini, kumpulkan testimonial dari karyawan yang berbeda dan satukan menggunakan InVideo . 


c. Video UGC

Konten buatan pengguna (UGC) adalah jenis pemasaran di mana pelanggan Anda sendiri membuat dan membagikan konten untuk merek Anda. Video ini dapat berupa klip sederhana yang dibagikan pelanggan Anda di media sosial atau acara yang lebih rumit yang mereka produksi, edit, dan posting di situs web atau blog mereka.


Konten video UGC dapat menceritakan kisah tentang bagaimana pelanggan menggunakan produk Anda, apa yang mereka sukai, atau bagaimana produk tersebut membantu mereka memecahkan masalah dalam hidup mereka. Karena UGC mengandalkan pelanggan yang membuat konten untuk Anda, tidak perlu khawatir tentang menyertakan ajakan bertindak (CTA). Anda harus fokus, alih-alih memberi insentif kepada pelanggan untuk membuat video semacam itu. Ini bisa dilakukan dengan cara challenge seperti yang pernah dilakukan beberapa brand seperti Canva dan GoPro sebelumnya. 


Fabio Wibmer memenangkan GoPro World Challenge untuk video buatan penggunanya yang luar biasa. Ini tak ternilai untuk nilai pengenalan mereknya dan memiliki lebih dari 33 juta penayangan di YouTube!




Anda juga dapat menggabungkan beberapa video yang dibuat oleh pengguna untuk mengubahnya menjadi cerita menarik yang menunjukkan bagaimana merek Anda memecahkan masalah tertentu. GoPro diketahui melakukan ini dengan iklan mereka yang lebih panjang. Yang perlu Anda lakukan hanyalah menggunakan pembuat iklan InVideo , pilih template yang Anda sukai dan ganti klipnya dengan klip video UGC Anda. 


Kiat pro: Dengan InVideo untuk bisnis, Anda dapat membuat video testimonial yang dibuat khusus untuk bisnis Anda. Anda bahkan mendapatkan pengeditan video sesuai permintaan sehingga Anda dapat mengalihdayakan seluruh proses. Dapatkan demo gratis Anda di sini .


5. Video perusahaan

Video perusahaan memperkenalkan bisnis Anda kepada calon klien dan pelanggan. Mereka menceritakan kisah organisasi Anda, membantu membangun suara untuk merek Anda, dan mengomunikasikan bagaimana Anda dapat melayani orang-orang yang tertarik dengan apa yang Anda lakukan. Video perusahaan paling sukses membagikan misi, visi, nilai, dan prinsip lain yang menentukan budaya tim mereka. 


sebuah. Video budaya perusahaan 

Video budaya perusahaan menampilkan nilai inti merek Anda. Mereka memberi pemirsa pandangan di balik layar tentang perusahaan Anda dan membantu mereka memahami bagaimana rasanya bekerja di sana dari sudut pandang karyawan.


Saat Anda membuat video budaya perusahaan, bagikan beberapa hal menyenangkan tentang bekerja untuk Anda—sehingga calon karyawan dapat mengetahui seperti apa pengalaman mereka dengan tim Anda. Jika Anda ingin mendapatkan minat dari orang-orang yang tidak yakin apakah mereka ingin bekerja di perusahaan Anda, gunakan kesempatan ini untuk menjelaskan apa yang membuat Anda menonjol dari perusahaan lain di industri Anda.


Berikut cara Mike Stevens untuk Founders Brewing Co. berbicara tentang budaya perusahaan dan cara kerja berbagai hal dalam klip 2 menit yang menakjubkan ini. 




Untuk membuat video budaya perusahaan, sangat bagus untuk memulai dengan beberapa petunjuk tentang hal-hal tentang budaya Anda yang ingin Anda tonjolkan. Bekerja dengan seorang videografer untuk memfilmkan pekerjaan sehari-hari Anda di kantor, berfokus pada hal-hal yang ingin Anda tonjolkan. Setelah klip Anda siap, video dapat dihidupkan dengan menggunakan editor video InVideo .


b. Di balik layar

Video di belakang layar memberi audiens Anda gambaran tentang apa yang terjadi di backend bisnis, kantor, dan di luar situs Anda. Jenis video ini paling baik jika Anda memiliki sesuatu yang menarik untuk ditampilkan kepada pemirsa yang relevan dengan perusahaan atau merek Anda.


Jenis video ini sering difilmkan dengan kamera genggam atau dalam format smartphone vertikal. Rekaman dapat diedit untuk tampilan yang lebih halus, dibagikan sebagai rekaman, atau bahkan streaming langsung.


Jenis format yang belum diedit ini memungkinkan Anda untuk mendapatkan reaksi autentik dari diri Anda sendiri dan orang lain di kantor sambil tetap menunjukkan cara kerja inti dari apa yang membuat perusahaan Anda berhasil. Setelah syuting, bagikan konten ini di platform sosial seperti Facebook, Instagram , YouTube , dan Snapchat dan promosikan melalui saluran resmi.


Video yang diposting oleh Zomato , sebuah platform pesan-antar makanan ini, adalah catatan harian perjalanan hidup sebagai admin Instagram untuk organisasi tersebut. Video yang menyenangkan berhasil menunjukkan kepada Anda kantor pusat perusahaan dari perspektif inovatif.




Untuk membuat video di balik layar, rekam momen acak dari hari kantor harian Anda. Ambil video yang mengintip bagaimana fungsi merek dan proses pemikiran apa yang bekerja. Anda kemudian dapat menggabungkan klip-klip ini untuk membuat video yang membuat pemirsa melihat lebih dekat cara kerja merek Anda. InVideo dapat membantu Anda menggabungkan klip ini dengan mudah dalam beberapa menit dengan editor videonya . Anda juga dapat menambahkan teks, efek, dan audio untuk membuat video lebih menarik.


c. Video acara 

Video acara, pada intinya, adalah video tentang sesuatu yang terjadi di suatu acara. Ini dapat difilmkan secara real-time dan disiarkan langsung, atau dapat direkam dan disebarluaskan sesudahnya. Biasanya, video acara difilmkan dan didistribusikan sebagai sarana untuk mempromosikan pertemuan tersebut kepada mereka yang tidak dapat hadir secara langsung.


Video acara adalah cara yang fantastis untuk menceritakan kisah merek Anda. Mereka menampilkan budaya perusahaan Anda dan menyampaikan pesan merek Anda, itulah sebabnya mereka adalah tambahan yang sempurna untuk strategi pemasaran Anda. Tidak hanya itu, tetapi keserbagunaannya menjadikan mereka alat yang hebat untuk tujuan perekrutan dan pelatihan juga.


Pada tahun 2021, Microsoft membuat acara megah untuk perilisan sistem operasi barunya, Windows 11. Melalui video tersebut, perusahaan mengungkapkan beberapa fitur barunya dan menciptakan sensasi seputar peluncurannya. 




Untuk membuat video acara, pilih klip yang paling menarik dan berpengaruh dari keseluruhan video. Anda kemudian dapat menggabungkan klip ini untuk membuat video yang menggambarkan nilai merek Anda dan menyampaikan pesan Anda secara efektif. Anda dapat melakukannya menggunakan editor video InVideo dan membuat video acara yang menarik dalam hitungan menit menggunakan template. 


Kiat pro: Membuat video perusahaan lebih mudah dari sebelumnya dengan InVideo untuk bisnis . Dapatkan demo gratis Anda di sini .


6. Video produk

Video produk adalah cara yang bagus untuk menunjukkan produk Anda beraksi dan/atau menjelaskan cara kerjanya. Ulasan produk, demo produk, perbandingan produk, tutorial produk, dan video pertanyaan yang sering diajukan (FAQ) berada di bawah payung ini.


sebuah. Video penjelasan

Video penjelasan menarik dan ringkas. Ini memiliki busur naratif yang menunjukkan masalah, solusi, manfaat, dan ajakan bertindak (CTA).


Jenis video produk ini memperkenalkan produk atau layanan Anda dan dapat digunakan bersamaan dengan video tentang kami atau halaman arahan.


Microsoft membuat video singkat ini yang akan menarik bagi bisnis B2B yang ingin meniru kesuksesannya. Tidak hanya membantu mengedukasi pemirsa tentang solusi cloud perusahaan Microsoft, tetapi juga menggunakan animasi halus untuk membangkitkan tema pertumbuhan. Sulih suara yang solid sambil menjelaskan apa yang ditawarkan layanan cloud hosting membuat videonya menonjol. 




Saat membuat video penjelasan, rencanakan poin-poin yang akan Anda bahas dalam video dan tuliskan skrip singkat . Ikuti skrip ini sepanjang video untuk memberinya struktur. Anda dapat menggunakan pembuat video InVideo untuk membuat video penjelasan yang menarik untuk merek Anda. 


b. Video demo 

Dengan video demonstrasi yang secara jelas menunjukkan cara kerja suatu produk, Anda dapat membantu pembeli memutuskan penawaran Anda dibandingkan penawaran pesaing. Dan dengan memandu mereka melalui setiap detail, Anda dapat memastikannya tetap dengan detail Anda.


Video dari Airtable ini adalah tutorial singkat berdurasi 2 menit yang menjelaskan dasar-dasar dari apa yang dilakukan aplikasi dan mengapa itu bagus untuk menyelesaikan sesuatu. Meskipun videonya tidak panjang, namun memenuhi kebutuhan pengguna potensial, menunjukkan kepada mereka apa yang dapat mereka lakukan dengan data mereka menggunakan Airtable hanya dalam 2 menit.




Jika Anda ingin membuat video demo untuk produk Anda, pastikan Anda mencantumkan semua fitur dan manfaat yang dapat diperoleh darinya. Tonjolkan keunggulan yang dimiliki produk dibandingkan produk serupa lainnya di pasar untuk membuatnya menonjol. Anda dapat menggunakan pembuat video InVideo untuk membuat video demo yang luar biasa dalam beberapa menit menggunakan template yang dapat disesuaikan dan menambahkan audio, video, dan teks ke dalamnya.


c. Video peluncuran produk 

Video peluncuran produk dibuat saat perusahaan siap memamerkan penawaran terbaru mereka dan mereka ingin calon pelanggan mengetahuinya.


Agar video seperti ini menjadi efektif, ia harus menetapkan masalah yang dipecahkan produk Anda beserta fitur dan manfaatnya. Selain itu, jangan lupa tentang ajakan bertindak (CTA) Anda. Ini adalah elemen yang sangat penting dalam semua jenis konten video karena mendorong pemirsa untuk mengambil tindakan setelah menonton, apakah itu mendaftar ke daftar email atau mengunjungi situs web Anda. CTA harus menentukan apa yang Anda ingin pemirsa lakukan selanjutnya sehingga tidak ada kebingungan.


One Plus menggelar acara peluncuran global untuk mengumumkan ponsel andalannya yang disebut-sebut memiliki fitur terbaik dan dijual di seluruh dunia.




Untuk membuat video launching produk yang efektif untuk brand Anda, buatlah video yang berbicara secara mendalam tentang fitur dan keunikan produk, serta presentasikan produk Anda dalam bentuk foto atau video klip yang menarik. Pembuat video InVideo dapat membantu Anda membuat video yang menarik tentang produk Anda dalam beberapa langkah sederhana.


Kiat pro: Buat video produk yang dibuat khusus untuk merek Anda dengan template yang disesuaikan di InVideo untuk bisnis dan jadikan pembuatan video Anda lebih mudah dan lebih cepat. Dapatkan demo gratis Anda di sini .


7. Video animasi 

Video animasi adalah cara yang efektif untuk mengomunikasikan ide dan konsep. Mereka mudah dimengerti, menyenangkan untuk ditonton, dan sangat menarik. Anda dapat menggunakan video animasi untuk tujuan yang berbeda seperti penjelasan produk, konten pendidikan, video penjelasan, video promosi , dan lainnya. Anda dapat menggunakan video animasi dengan berbagai cara, seperti membuat animasi grafis bergerak atau menggunakan karakter.


sebuah. video animasi 2D 

Jenis video animasi yang paling umum adalah animasi 2D, yang sempurna untuk tujuan pemasaran dan dapat digunakan untuk membuat video penjelasan dengan mudah. Mereka lebih cepat untuk diedit dan dibuat dibandingkan dengan animasi 3D dan seringkali memiliki daya tarik yang lebih luas. 


HubSpot membuat video animasi berdurasi 30 detik dengan transisi menarik, narasi ikonik, dan instruksi yang jelas. Hal hebat tentang animasi adalah mereka dapat membuat topik yang membosankan menjadi menyenangkan.




Jika Anda ingin membuat video animasi 2D, Anda bisa meminta animator untuk merancang sendiri video tersebut untuk Anda setelah Anda membuat cerita yang ingin Anda gambarkan. Tapi ini pilihan yang mahal. Namun jika Anda mencari opsi yang lebih hemat biaya untuk membuat video animasi 2D, gunakan template animasi siap pakai dari InVideo yang membantu Anda membuat video seperti itu dengan mudah dalam waktu 10 menit. 


b. video animasi 3D 

Jika Anda perlu mendemonstrasikan produk atau layanan Anda dengan cara yang sangat realistis, maka video animasi 3D adalah pilihan yang lebih baik. Tetapi karena besarnya anggaran yang terlibat, video ini jarang digunakan. Sebagian besar merek yang ingin memamerkan prototipe produk yang belum benar-benar dibuat menggunakan video ini. 


Dengan animasi 3D, lebih mudah untuk menciptakan pengalaman imersif yang akan lebih beresonansi dengan audiens target Anda karena orang biasanya terbiasa melihat dunia nyata dalam tiga dimensi. Banyak dari kita memahami tiga dimensi lebih baik daripada benda datar dua dimensi; kita jarang melihatnya karena mata kita menyukai persepsi kedalaman daripada kerataan.


Dalam video ini, animasi 3D berperan sebagai alat untuk menjelaskan produk dan cara kerjanya. Video menunjukkan bahwa sistem garis visi menawarkan nilai dengan memecahkan masalah yang dihadapi klien.




Membuat video animasi 3D juga menyediakan dua opsi serupa dengan video animasi 2D. Anda dapat menyewa animator yang dapat mendesain animasi 3D khusus untuk merek Anda atau menggunakan template animasi 3D dari InVideo untuk membuat video ini dengan mudah dan juga menghemat biaya.


c. Hentikan animasi gerak 

Animasi stop motion adalah teknik di mana objek dimanipulasi secara fisik, satu frame pada satu waktu, untuk menciptakan ilusi gerakan. Ini adalah jenis video animasi yang lebih kreatif yang telah menemukan banyak kasus penggunaan selama bertahun-tahun. Dari perusahaan makanan hingga perusahaan teknologi, Anda akan melihatnya di mana-mana. 


Anda dapat menggunakan animasi stop motion untuk demo produk , penjelasan, video penjelasan, animasi papan tulis, dan lainnya. Stop motion juga dapat digunakan untuk tipografi kinetik dan untuk teks animasi di atas video gambar. Video stop motion ini dibuat dengan luar biasa oleh Honda untuk menunjukkan perjalanannya selama enam dekade sebagai merek di sektor otomotif. Iklan tersebut membuat penontonnya kagum dan menarik banyak perhatian.




Untuk membuat video stop-motion, Anda perlu memvisualisasikan keseluruhan video dan membuat storyboard sebagai langkah pertama. Anda kemudian dapat mengatur bidikan dan mengambil foto. Kumpulkan foto-foto ini dalam editor video seperti InVideo dan persingkat durasi setiap klip menjadi 1 hingga 2 frame untuk membuat video stop motion.


Kiat pro: Jika Anda kesulitan membuat animasi untuk merek Anda, cukup daftar ke InVideo untuk bisnis untuk mendapatkan layanan pengeditan video sesuai permintaan. Dapatkan demo gratis Anda di sini .


Sekarang setelah Anda memiliki beberapa ide untuk dikerjakan, mari lanjutkan dan lihat bagaimana Anda dapat memastikan bahwa ide-ide ini membantu Anda mencapai tujuan. 


Bagaimana cara membuat strategi pemasaran video untuk merek Anda?

Tanpa strategi yang tepat , Anda tidak dapat mengharapkan hasil yang baik dari upaya pemasaran video Anda. Perencanaan, penjadwalan, dan implementasi yang tepat adalah suatu keharusan untuk keberhasilan kampanye apa pun. Mari kita lihat bagaimana merek Anda dapat menyusun strategi pemasaran video secara efektif:


1. Tentukan tujuan Anda

Sebelum memulai pemasaran video, langkah pertama yang harus dilakukan adalah menentukan tujuan kampanye Anda. Bisa apa saja mulai dari mempromosikan produk, mengedukasi audiens, atau meningkatkan penjualan .


Bagaimana cara menentukan tujuan Anda?


Anda harus mengidentifikasi tahapan corong yang perlu Anda fokuskan. Ini penting karena video untuk penonton di setiap tahap berbeda.


Audiens top-of-the-funnel (TOFU) harus ditargetkan dengan video yang menciptakan kesadaran tentang merek, sedangkan audiens middle-of-the-funnel (MOFU) membutuhkan video yang mendemonstrasikan produk dan menonjolkan fitur-fiturnya. Audiens bottom-of-the-funnel (BOFU) harus ditargetkan dengan video testimonial dan ulasan pelanggan untuk meyakinkan mereka agar membeli. Singkatnya, menentukan tujuan Anda membantu Anda tetap fokus pada strategi pemasaran Anda dan menerapkannya dengan cara yang lebih baik.


Anda dapat menonton video ini untuk lebih memahami tentang sales funnel.




Anda dapat membuat video untuk semua tahapan corong penjualan Anda dengan beberapa langkah mudah menggunakan InVideo . Pilih dari template dan buat iklan Anda sendiri dalam hitungan menit.


2. Identifikasi audiens target Anda

Audiens target Anda akan menjadi sekumpulan orang yang paling cocok dengan produk atau layanan Anda. Mereka dapat diidentifikasi berdasarkan demografi tertentu seperti usia, jenis kelamin, atau lokasi.


Mengidentifikasi audiens target Anda membantu merek Anda menyesuaikan pesannya untuk sekelompok orang yang kemungkinan besar akan berkonversi dan menghilangkan orang yang tidak menghargai atau terkait dengan penawaran Anda. Proses ceruk ini membantu menghemat biaya pemasaran dan meningkatkan ROI pemasaran Anda. 


Untuk mengidentifikasi audiens target Anda, gunakan analitik media sosial dan analisis kinerja video sebelumnya untuk mengetahui grup mana yang paling terlibat dengan konten Anda. Berikut adalah video yang dapat membantu Anda mendapatkan pemahaman mendalam tentang cara mengidentifikasi audiens target:




3. Tetapkan anggaran untuk video

Saat berencana membuat video , salah satu hal pertama yang perlu dipertimbangkan adalah anggaran. Produksi video bisa menjadi sangat mahal jika Anda tidak memperhatikan biaya yang terlibat dalam prosesnya. 


Manfaat merencanakan anggaran adalah Anda dapat memperhatikan pengeluaran untuk kampanye pemasaran dan mengurangi biaya setelah menganalisis prosesnya secara menyeluruh. Ini juga membantu Anda fokus pada area mana yang membutuhkan lebih banyak pengeluaran. Misalnya, pembuatan skrip video tidak akan dikenakan biaya sebanyak pengambilan gambar dan pengeditan . Tetapi jika Anda menggunakan alat seperti InVideo , yang dilengkapi dengan editor daring tangguh, pustaka jutaan aset stok, dan templat siap pakai, Anda bahkan dapat memangkas biaya pengeditan secara substansial karena alat ini memungkinkan Anda membuat video sendiri. 


Untuk menentukan anggaran strategi pemasaran video, Anda tidak hanya perlu mempertimbangkan biaya produksi dan pengeditan, tetapi juga biaya distribusi. Jika Anda berencana untuk memposting video di platform media sosial Anda, Anda tidak akan dikenakan biaya apa pun. Tetapi jika Anda berencana untuk menjalankannya sebagai iklan video , maka Anda perlu mempertimbangkan berapa biaya yang harus Anda keluarkan untuk mendapatkan konversi yang Anda inginkan. 


4. Pilih platform yang akan Anda fokuskan

Ada banyak saluran yang dapat Anda manfaatkan untuk pemasaran video. Tetapi tidak semuanya bekerja untuk setiap merek. Jadi, mengarahkan upaya pemasaran video Anda dan menghabiskan anggaran pemasaran Anda di saluran yang belum tentu memiliki ROI tinggi tidak akan membantu Anda mencapai apa pun. Jadi, perhatikan faktor-faktor berikut sebelum Anda memutuskan platform yang tepat untuk merek Anda. 


- Audiens target: Gunakan alat analitik untuk mempelajari perilaku audiens target Anda dan cari tahu di platform mana mereka paling aktif. Misalnya, orang-orang di ceruk mode dan gaya hidup mungkin lebih aktif di Instagram dibandingkan dengan ceruk bisnis dan pemasaran, di mana audiens Anda mungkin lebih aktif di Twitter.


- Interaksi dengan pemirsa: Pilih saluran di mana pemirsa lebih responsif dan ekspresif serta dapat terhubung dengan mudah. Ini akan membantu Anda menjangkau segmen yang sudah tertarik dan mengonversinya dengan mudah. Berinteraksi secara dekat di platform juga akan membantu merek Anda mengumpulkan umpan balik yang berharga langsung dari mereka.


- Keramahan pengguna saluran: Anda harus memilih platform yang ramah pengguna dan lebih mudah dinavigasi, terutama di awal saat Anda memulai. Misalnya, jauh lebih mudah membuat dan memposting video untuk merek Anda di YouTube daripada di Vimeo. Jadi, Anda mungkin ingin memulai dari sana.


Biasanya Anda ingin memilih campuran 2-3 platform secara bersamaan daripada hanya berfokus pada satu platform. Ini membantu Anda mendiversifikasi upaya pemasaran video dan menjangkau banyak audiens sekaligus. Dengan cara ini jika satu platform tertentu tidak berfungsi, Anda juga dapat menggunakan kembali konten tersebut ke platform lain. Misalnya, Anda dapat mengubah Reel Anda menjadi celana pendek YouTube. Berikut adalah video yang dapat membantu Anda mempelajari seluk-beluknya: 




Dan untuk membuat video untuk setiap platform, lihat InVideo untuk bisnis di mana Anda mendapatkan akses ke template yang disesuaikan untuk setiap platform. Dapatkan demo gratis Anda di sini .


5. Buat video yang menarik

Sebuah artikel majalah Time mengungkapkan bahwa rata-rata rentang perhatian manusia turun menjadi sekitar 8 detik. Jadi, jika Anda ingin kampanye video berfungsi untuk merek Anda, Anda perlu membuat video yang dapat menarik perhatian mereka dan membuat mereka terus menonton. 


Namun menarik perhatian dan mempertahankannya bukanlah hal yang mudah, jadi inilah beberapa tips yang dapat Anda gunakan untuk membuat video yang menarik. 


- Pahami pemirsa Anda: Pahami kesukaan dan preferensi pemirsa Anda dengan mempelajari jenis video apa yang lebih sering mereka tonton.

- Bangkitkan keingintahuan: Mulai dengan hook dan bangun rasa ingin tahu sehingga penonton merasa terdorong untuk tetap tinggal dan menonton seluruh video. 

- Autentik: Pastikan konten Anda tetap orisinal, tambahkan sumber otentik, berikan penjelasan yang komprehensif, dan tunjukkan beberapa kepribadian Anda dalam video untuk menciptakan hubungan emosional dengan penonton. 

- Gunakan bukti sosial: Sertakan kesaksian dan ulasan dalam video Anda sebagai bukti sosial untuk membangun kepercayaan dan keandalan.

- Gunakan visual yang menarik: Manfaatkan warna , grafik, dan transisidalam video Anda untuk membuatnya menarik secara visual.'


Untuk mempelajari lebih lanjut tentang cara menghasilkan ide video menarik yang membantu Anda mendapatkan lebih banyak penayangan dan mengembangkan merek Anda, lihat video yang kami miliki di saluran ini: 




6. Analisis kinerja video Anda

Meskipun video adalah salah satu media iklan yang paling menarik, hanya mengunggahnya di berbagai platform tidak akan membantu bisnis Anda. Anda perlu menganalisis kinerja video Anda secara menyeluruh untuk mengumpulkan wawasan dan memasukkannya ke dalam kampanye pemasaran video Anda berikutnya. 


Untuk menganalisis performa, mulailah dengan menyetel beberapa metrik video. Metrik ini akan bergantung pada apa yang ingin Anda capai dengan konten video dan dapat berupa metrik seperti waktu tonton atau jumlah pembagian di saluran media sosial.


 Alat analitik  video oleh Google bahkan memberi Anda informasi tentang keterlibatan video, pemirsa baru yang dijangkau, dan retensi pemirsa sebelumnya. Mempelajari data ini dapat membantu Anda membuat konten yang lebih bertarget dan relevan untuk audiens Anda dan melibatkan mereka dengan lebih baik. 


13 contoh pemasaran video terbaik

Sekarang setelah Anda memahami berbagai jenis pemasaran video dan bagaimana Anda dapat membuat strategi, berikut adalah beberapa contoh pemasaran video terbaik dari berbagai merek yang dapat Anda gunakan sebagai inspirasi saat membuat video Anda. 


1. BMW: Memperingati persaingan 

Anda tidak selalu harus menggali pesaing Anda atau menunjukkan bagaimana Anda lebih baik dari mereka untuk membuat prospek tertarik dengan produk Anda. Anda juga dapat merayakannya atau terlibat dalam olok-olok ramah untuk memikat audiens mereka dan meningkatkan kesadaran merek Anda. 


Sebagai inspirasi, Anda bisa mengambil lembaran dari buku BMW . Dalam iklan ini, mereka merayakan pensiunnya Dieter Zetsche, pimpinan Mercedes Benz. Mereka berterima kasih kepada insinyur Jerman itu atas kompetisi yang luar biasa dan menunjukkan dia mengendarai BMW i8 begitu dia diantar pulang dengan Benz. Dukungan yang tidak terduga dari pesaing dan semangat yang ditunjukkan iklan tersebut membantu meningkatkan pengenalan merek BMW dan juga mendapatkan penggemar dari pesaing mereka. 




Mungkin tidak mungkin untuk keluar semua dan meminta kepala organisasi pesaing Anda untuk secara tidak langsung mendukung produk Anda. Tetapi Anda dapat memberi selamat dan berterima kasih kepada pesaing Anda karena telah memberi Anda waktu yang sulit dan membuat Anda tetap waspada untuk membuat audiens pesaing Anda tertarik dengan produk Anda. Satu-satunya hal yang perlu dipertimbangkan sebelum membuat video semacam itu adalah memastikannya cocok dengan suara dan nada merek Anda. Dan tentu saja, Anda dapat menghidupkannya menggunakan editor InVideo . 


2. Go Pro: Membuat video listicle yang menghibur

Video "Daftar teratas" tidak lekang oleh waktu dan sangat populer secara online karena mudah dicerna, dibagikan, mendorong diskusi, dan membantu pemirsa menemukan hal-hal baru. Jadi, jika Anda ingin meningkatkan kehadiran merek Anda melalui pembagian sosial, Anda harus membuat video daftar teratas. 


Begini cara GoPro memakainya di video ini. Ini menunjukkan 10 kali pengguna menempatkan kamera GoPro melalui situasi ekstrim dan selain menghibur penonton, ini juga memberi tahu calon pembeli bahwa kamera dapat bertahan dalam kondisi sulit dan tampil tanpa cedera. Plus, konten dibuat oleh pengguna sehingga membantu menumbuhkan basis penggemar dan penjualan merek. 




Untuk membuat video listicle serupa, Anda dapat membuat pengguna mengirim klip tentang bagaimana mereka menggunakan produk Anda atau membuat sendiri listicle kasus penggunaan terbaik. Anda kemudian dapat mengkompilasi rekaman menggunakan template dari InVideo seperti di bawah ini, ubah musik latar agar sesuai dengan suasana hati Anda dan Anda siap melakukannya. 




Klik Untuk Menggunakan Templat Ini 


3. Redbull: Posting video tantangan ekstrim

Tantangan membantu merek membangun hubungan dan koneksi dengan audiens, berkat kemampuan mereka untuk melibatkan dan menghibur mereka. Hal ini pada gilirannya membantu meningkatkan citra merek dan pengakuan di masyarakat. 


Salah satu contoh merek terbaik yang memanfaatkan tantangan secara rutin adalah Redbull. Dalam video ini, pelari bebas Jason Paul menantang teman-temannya untuk sesi parkour. Stunts dan bidikan drone FPV memikat penonton dan memotivasi mereka untuk mengikuti saluran lebih banyak lagi. 




Tetapi jika Redbull adalah perusahaan minuman berenergi, mengapa mereka memilih untuk memposting video tantangan? Ada dua alasan- Audiens target mereka adalah orang-orang yang bercita-cita untuk unggul dalam olahraga ekstrem dan menjalani kehidupan yang penuh tantangan. Selain itu, tagline merek tersebut adalah "Red Bull memberi Anda sayap", jadi mereka ingin video mereka menyampaikan perasaan adrenalin yang diberikan minuman mereka dengan video mereka. 


Sebelum membuat tantangan, pastikan itu selaras dengan nilai dan suara merek Anda seperti yang dilakukan Redbull. Dan jika Anda ingin menjadi viral , lanjutkan dan buat titik masuk dengan penghalang rendah yang akan mendorong pengguna Anda untuk mengambil bagian dalam tantangan Anda dan mempostingnya. Anda juga dapat melangkah lebih jauh dan menciptakan tantangan untuk tujuan yang lebih besar guna meningkatkan citra dan pengakuan merek Anda. 


4. Victoria's Secret: Merayakan para ibu dengan serial mini

Membuat serial berulang membantu Anda menonjol, membangun otoritas pada suatu topik dengan membangun konten secara teratur, dan membantu Anda lebih mudah ditemukan oleh mesin telusur karena bot lebih mudah mengindeks video yang terhubung. 


Inilah miniseri mentah dan emosional dari rahasia Victoria untuk merayakan para ibu dan cinta serta keyakinan tanpa syarat yang mereka pegang untuk anak-anak mereka. Setiap video dalam serial ini menampilkan seorang ibu yang berbicara tentang pengalamannya menjadi ibu dan impian yang mereka miliki untuk anak-anak mereka. Semuanya tulus dan menyentuh serta membantu audiens terhubung secara pribadi dengan merek, yang membantu menumbuhkan keterlibatan dan kesadaran merek mereka. 




Untuk membuat serial video, pilih topik di mana Anda dapat membuat banyak konten. Ini dapat berfokus pada menarik secara emosional seperti rahasia Victoria atau fokus pada mendidik audiens Anda dan memberikan banyak nilai. Jadi, Anda juga dapat membuat serangkaian wawancara, memposting studi kasus, atau sekadar memposting video informasi tentang produk Anda dan fitur-fiturnya. Setelah merekam video, Anda dapat mengambil bantuan pengeditan video sesuai permintaan dengan  InVideo untuk bisnis untuk menghidupkannya. Dapatkan demo gratis Anda di sini .


5. Mailchimp: Mengubah podcast menjadi video

Jika Anda ingin menghemat waktu dan tenaga dalam proses pembuatan konten, tetapi tetap meningkatkan visibilitas, menjangkau pemirsa baru, dan mendapatkan peringkat lebih tinggi di hasil penelusuran, gunakan kembali konten Anda. 


Untuk inspirasi, lihat bagaimana Mailchimp mengubah konten podcastnya menjadi video. Ini hanya menyertakan kutipan teks dari episode terbaru bersama dengan rekaman audio sehingga penonton akan terdorong untuk melihat episode tersebut, mengikuti konten mereka, dan menyetel podcast mereka secara teratur. 




Anda dapat membagi podcast, entri blog, atau video yang lebih panjang seperti webinar menjadi video berukuran kecil untuk menggunakan kembali konten. Yang harus Anda lakukan hanyalah mencatat intisari video dan mengubahnya menjadi konten yang mudah dicerna. Anda dapat mengambil cuplikan dari video Anda yang sebenarnya atau mencoba sesuatu seperti Mailchimp dan membuat video berbasis teks. Ganti teks default dengan petunjuk Anda sendiri, tambahkan cuplikan rekaman audio, tambahkan musik , dan akhiri dengan CTA yang kuat. Lihat template di bawah ini sehingga Anda dapat memulai. 




Klik Untuk Menggunakan Templat Ini


6. National Geographic: Menggunakan cerita untuk menjelaskan isu-isu global

Video adalah media yang kuat dan menggabungkan cerita di semua video membantu Anda menghasilkan konten yang menarik yang melibatkan audiens Anda dan menciptakan hubungan emosional, yang pada akhirnya membantu meningkatkan penayangan dan keuntungan Anda. 


Berikut adalah contoh salah satu video dari saluran National Geographic. Ini menggunakan penceritaan untuk menjelaskan kepada pemirsa sejarah kebersihan gigi dan bagaimana sikat gigi menjadi masalah yang meluas. Potongan, transisi, dan narasi yang tepat waktu memikat penonton dan memaksa mereka untuk mengikuti merek tersebut. 




Untuk membuat cerita yang berdampak seperti Nat Geo, putuskan mengapa Anda ingin menceritakan kisah tersebut dan tindakan apa yang Anda ingin pemirsa lakukan setelah mereka menonton cerita Anda. Kemudian, buat plot dengan pengantar, konflik, dan penyelesaian yang menarik. Jika Anda memperkenalkan karakter dalam cerita Anda, pastikan karakter yang Anda perkenalkan dapat diterima oleh audiens target Anda.


7. Kizik: Mempromosikan produk melalui meme

Pemasaran meme adalah salah satu cara terbaik untuk meningkatkan keterlibatan merek dan membangun komunitas karena meme telah berkembang sebagai mode komunikasi dan membantu terhubung dengan audiens dengan mudah. Berikut contoh video pemasaran meme dari Kizik, merek sepatu hands-free. Video meme tersebut menggambarkan betapa mudahnya memakai sepatu tersebut dan menimbulkan rasa ingin tahu tentang sepatu tersebut sehingga penonton akan terdorong untuk melihat-lihat produk di halaman mereka. 




Untuk mulai membuat meme seperti Kizik, pertama-tama pastikan meme tersebut selaras dengan suara merek Anda dan audiens target Anda. Kemudian, pahami konteks dari berbagai meme dan sesuaikan meme tersebut agar menonjolkan fitur produk Anda atau bagaimana merek Anda memecahkan masalah tersebut. Ini adalah template meme dari InVideo yang bisa Anda buat sendiri dengan mengganti teksnya. 




Klik Untuk Menggunakan Templat Ini


8. Amazon: Menyoroti mereknya melalui konten buatan pengguna. 

Konten buatan pengguna membantu membangun kredibilitas dan otoritas karena pelanggan yang telah mencoba produk mendukungnya dan menjamin keefektifannya. Secara alami, ini menghasilkan lebih banyak lalu lintas dan konversi untuk Anda. 


Untuk inspirasi, lihat konten yang di-posting ulang dari Amazon ini . Pelanggan telah menggunakan barang yang dibeli dari Amazon untuk membuat lampu bertenaga surya. Meskipun tidak ada penjualan langsung yang memaksa orang lain untuk membeli dari merek tersebut, video tersebut memikat populasi kreatif untuk melihat produk di Amazon agar mereka dapat membuat lampu. 




Jika Anda baru memulai, mungkin sulit mendapatkan konten buatan pengguna secara organik. Jadi, jalankan kontes yang mendorong pengguna untuk mempromosikan produk Anda dengan mengikuti tren yang ada. Kemudian, buat tagar yang dapat dikaitkan dengan pengguna Anda sehingga mereka merasa lebih terhubung dengan merek Anda dan mempostingnya. Anda selalu dapat mengompilasi konten buatan pengguna menjadi video yang menarik untuk pegangan media sosial Anda sendiri menggunakan editor video daring InVideo . 


9. McDonalds: Mengikuti tren video POV pendek

Video Point of View (POV) menempatkan penonton di kursi pengemudi dan membuat situasi dalam video terungkap secara real-time. Beberapa contoh terbaik dari jenis video ini bisa menjadi tren yang menempatkan Anda, penonton di ujung lain percakapan dengan orang yang berbeda seperti teman, pasangan, dll.,


Video-video ini sangat populer dan dapat dibagikan karena tingkat hubungan pribadi yang mereka miliki dengan pemirsa. Merek juga memanfaatkan faktor viral yang terkait dengan jenis video ini, jadi mereka juga membuat video serupa. Misalnya, lihat Reel Instagram dari McDonald's ini yang menunjukkan kepada kita bagaimana rasanya berada di bagian bawah tas berisi kentang goreng. Kontennya biasa saja tetapi efektif karena mendorong orang untuk memesan dari mereka. 




Untuk membuat video POV, tentukan nada video dan durasinya terlebih dahulu. Jika Anda berencana untuk memerankan karakter dan membuat alur cerita, sebaiknya buat skrip video sebelum mulai merekam. Kemudian, tambahkan judul dan dialog POV Anda sebagai teks dalam video agar pelanggan tidak menggulir melewatinya karena mereka tidak memiliki earphone. 


10. Otomasi Di Mana Saja: Mewawancarai pelanggan

Mewawancarai pelanggan dan memposting pengalaman mereka dengan produk Anda membantu membangun kepercayaan dan otoritas karena memberi tahu calon pelanggan bahwa produk Anda sudah berfungsi untuk orang lain seperti mereka. 


Berikut adalah contoh salah satu video dari Automation Anywhere , solusi otomatisasi untuk bisnis. Ini mempromosikan keefektifan produk dengan mengajukan serangkaian pertanyaan kepada pelanggan mereka tentang bagaimana alat mereka membantu memberikan hasil kepada perusahaan mereka. 




Untuk membuat video wawancara pelanggan yang efektif seperti Automation Anywhere, ajukan pertanyaan yang tepat kepada pelanggan Anda sehingga video Anda menjadi surat penjualan yang mempromosikan produk Anda dengan mudah tanpa terkesan menjual. Mulailah dengan masalah yang mereka alami sebelum mereka menggunakan produk Anda, tanyakan kepada mereka bagaimana produk Anda menyelesaikannya, dan minta mereka untuk menguraikan seperti apa masa depan produk Anda sehingga pelanggan tahu bahwa produk Anda adalah solusi jangka panjang mereka. 


11. UiPath: Menjelaskan fitur baru dengan video animasi

Video animasi selalu populer dengan semua jenis penonton karena mereka memecah topik kompleks menjadi informasi yang mudah dicerna dan juga sangat menarik. Berikut adalah contoh video animasi dari UiPath yang menjelaskan cara kerja fitur baru. Alih-alih menjelaskan topik rumit seperti Robotic Process Automation (RPA) dan bagaimana hal itu terintegrasi ke dalam bisnis, video tersebut hanya menunjukkan manfaat dari keterkaitan dan bagaimana hal itu menguntungkan bisnis untuk memaksa pengguna memeriksanya. 




Untuk membuat video animasi untuk merek Anda, pertimbangkan untuk mendaftar ke InVideo untuk bisnis tempat Anda mendapatkan template yang disesuaikan dan pengeditan video sesuai permintaan. Dapatkan demo gratis Anda di sini .


12. Microsoft: Berinteraksi dengan pakar industri 

Mewawancarai pakar di industri membantu Anda menyelami lebih dalam masalah di pasar dan membantu Anda memberikan lebih banyak nilai dan wawasan kepada pelanggan Anda. Ini cara yang bagus untuk membangun kepercayaan dan otoritas di ruang Anda dan dilihat sebagai ahli yang dapat memecahkan masalah mereka. 


Misalnya, wawancara 20 menit dari Microsoft's Future Week ini menunjukkan kepada kita bagaimana manufaktur dapat berubah untuk menyertakan praktik berkelanjutan. Ini memberikan nilai yang besar bagi pengguna dengan memberikan perspektif baru tentang subjek tersebut sehingga pengguna yang berfokus pada manufaktur berkelanjutan ingin kembali untuk mendapatkan lebih banyak konten tentang topik terkait atau bahkan ikut serta dalam acara tahun depan. 




Untuk membuat wawancara yang memberikan nilai bagi komunitas, hubungkan dengan orang-orang di industri Anda dan hubungi mereka untuk wawancara. Setelah mereka setuju, putuskan tema dan siapkan serangkaian pertanyaan sebelumnya. Kemudian, promosikan podcast atau pertunjukan langsung dengan video. Anda dapat menggunakan template yang diberikan di bawah ini untuk membuat video promo. Cukup ganti foto default dengan foto tamu Anda, dan tambahkan sekilas tentang apa yang akan diliput dalam wawancara bersama dengan tanggal dan waktu untuk menciptakan kegembiraan.




Klik Untuk Menggunakan Templat Ini


13. Patagonia: Memberikan kembali kepada masyarakat

Orang-orang menyukai merek yang bertanggung jawab secara sosial karena membantu mereka merasa menjadi bagian dari sesuatu yang lebih besar dari diri mereka sendiri. Ini juga membantu membentuk hubungan yang lebih kuat dengan merek yang memiliki nilai yang sama dengan mereka. 


Misalnya, dalam video ini, Patagonia, sebuah merek pakaian membantu menyebarkan kesadaran akan pentingnya memilih dan mengajak lebih banyak orang untuk berpartisipasi dalam proses pemungutan suara. Mereka memamerkan pencapaian mereka dalam video tayangan slide sederhana dan menambahkan CTA yang kuat di bagian akhir sehingga perusahaan lain bergabung dengan tujuan mereka. 




Dengan pemikiran tersebut, mari kita lihat beberapa praktik yang perlu Anda patuhi untuk memastikan Anda mendapatkan manfaat maksimal dari upaya pemasaran video Anda.


Kiat pro untuk pemasaran video

Di sini kami memiliki beberapa tip pro untuk Anda ikuti untuk strategi pemasaran video yang berdampak yang membantu bisnis Anda tumbuh: 


Tip #1 - Buat jadwal posting

 Penting untuk memposting konten Anda secara konsisten karena frekuensi unggahan memengaruhi algoritme. Semakin konsisten Anda, algoritme memberi Anda peringkat yang lebih baik. 


Selain itu, pemirsa Anda menunggu konten Anda. Dan memposting video secara acak membuat audiens Anda kehilangan konteks, yang akhirnya membuat mereka menjadi tidak tertarik. Jadi, menjadwalkan video membantu mereka mendapatkan pembaruan rutin secara berkala.


Tip #2 - Sertakan cerita dalam video Anda

Mengingat rentang perhatian manusia yang pendek, penting untuk membuat mereka tetap asyik sepanjang video. Salah satu caranya adalah dengan mendongeng. 


Tapi bagaimana cara menceritakan sebuah cerita yang berdampak pada penonton?


Mulailah dengan menyusun cerita Anda menjadi plot. Tentukan tujuan cerita dan tindakan yang Anda ingin pemirsa lakukan di akhir cerita. Mulailah dengan pahlawan (pelanggan Anda), perkenalkan masalah, dan bicarakan tentang bagaimana merek Anda membantu pelanggan menyelesaikannya. 


Pastikan karakternya dapat diterima dan membantu membentuk hubungan emosional dengan penonton. Perhatikan juga format video, penonton, dan saluran video ini akan dirilis. 


Berikut adalah contoh yang bagus tentang cara bercerita yang efektif. Iklan oleh Bell's scotch whisky berfokus pada pendidikan orang dewasa dengan menceritakan kisah seorang lelaki tua yang belajar membaca bahasa Inggris, sehingga ia dapat membaca buku yang ditulis oleh putranya. Penempatan produk yang cerdas, pada akhirnya, menarik pelanggan untuk membelinya.




Tip #3 - Posting video buatan pengguna

Konten buatan pengguna adalah gambar, video, atau audio yang dibagikan pelanggan Anda setelah menggunakan produk Anda. Menghasilkan lebih banyak konten buatan pengguna


Anda dapat meminta pelanggan Anda untuk membuat video menggunakan produk Anda dan pengalaman mereka menggunakannya. Anda kemudian dapat menggunakan video ini sebagai bagian dari kampanye pemasaran Anda. Melakukan hal ini memberi Anda dua manfaat. Pertama, Anda mendapatkan lebih banyak saham dari teman dan keluarga pelanggan yang meningkatkan jangkauan Anda. Kedua, konten bertindak sebagai bukti sosial karena pemirsa cenderung lebih mempercayai pengguna lama untuk membuat keputusan pembelian.


Menggunakan video buatan pengguna untuk pemasaran memberi Anda akses ke beberapa konten unik yang berisi reaksi dan umpan balik otentik dari pelanggan Anda. Karenanya, tingkatkan kredibilitas merek Anda.


Mari kita lihat posting ini oleh materi artis Daniel Smith di Instagram yang merupakan konten buatan pengguna. Halaman tersebut memposting ulang ulasan dari Madeline Kerri yang berbicara tentang palet cat air dari merek tersebut. Ini membantu orang untuk melihat dengan jelas bagaimana bayangan dari palet muncul.




Tip #4 - Optimalkan video Anda dari perspektif SEO

Video SEO mengacu pada proses pengoptimalan video untuk meningkatkan peringkatnya di halaman hasil pencarian. Ada banyak strategi yang dapat Anda gunakan untuk mencapai tujuan akhir ini. Namun berikut adalah beberapa cara yang menurut kami paling efektif:


- Sisipkan transkrip video: Transkrip video membuat video Anda dapat diakses oleh audiens yang lebih besar karena orang juga dapat menontonnya tanpa suara. Ini juga membantu bot memahami konteks video dengan lebih baik dan memberi peringkat lebih tinggi pada hasil pencarian. 


- Buat thumbnail yang menarik: Thumbnail biasanya adalah hal pertama yang dilihat orang di video Anda. Jadi, thumbnail yang relevan, jelas, dan menarik berfungsi paling baik untuk meyakinkan mereka agar mengklik. Gambar kecil dengan sentuhan manusia berfungsi lebih baik. Misalnya, video kedua dalam hasil pencarian untuk 'how to waterski' dengan jelas menggambarkan manusia yang melakukannya, sehingga akan mendapatkan lebih banyak klik.


Hasil Penelusuran Google untuk : how to waterski


Sumber: wordstream.com


- Fokus pada judul video Anda: Judul membantu Anda menonjol di antara para pesaing dengan menarik perhatian pemirsa secara cepat. Judul ringkas dan terfokus dengan baik yang memiliki kata kunci yang baik akan membantu video Anda berkinerja lebih baik. Judul video Anda harus membuat pemirsa Anda ingin tahu lebih banyak dan mengkliknya.


- Sematkan video yang ingin Anda peringkatkan terlebih dahulu: Video yang ingin Anda peringkatkan harus menjadi fokus halaman web Anda sehingga pelanggan tidak perlu menggulir hingga paling bawah untuk menemukannya. Bot pencarian juga tidak merekam video tersembunyi ini di halaman web. 


Tip #5 - Tambahkan CTA di akhir video

 Ajakan bertindak atau CTA di akhir video berfungsi sebagai panduan bagi pemirsa untuk mengambil tindakan. Ini adalah permintaan visual dan pendengaran untuk mendorong mereka melakukan sesuatu seperti mengunjungi situs web, berlangganan, mengunduh, dll. Merek bantuan CTA mendapatkan respons dari pemirsa yang membantu mereka mencapai tujuan.


Mereka sangat penting untuk konten pemasaran video apa pun. CTA bisa seperti isyarat melalui corong penjualan untuk audiens. Misalnya, setelah terlibat dengan konten video pendidikan, audiens TOFU Anda harus dialihkan ke informasi lebih lanjut, konten yang dapat diunduh, dll untuk meningkatkan kesadaran. 


Ajakan bertindak juga dapat menjadi alat Anda untuk meningkatkan keterlibatan karena mendorong pemirsa untuk menunjukkan minat pada produk jika mereka terkait dengannya melalui beberapa klik mudah. 


Membungkus

Pemasaran video, jika dilakukan dengan benar, dapat membantu Anda meningkatkan skala bisnis Anda dan itulah sebabnya dengan blog ini kami berusaha menyederhanakan dunia pemasaran video untuk Anda. Jika Anda masih ragu dan ingin mempelajari lebih lanjut tentang cara mengembangkan prospek melalui iklan video, lihat blog ini di sini. Jika Anda ingin memahami peran video dalam corong penjualan, lihat blog ini di sini.


Dan untuk mempermudah proses pembuatan video untuk kebutuhan pemasaran video Anda, daftar ke InVideo untuk bisnis.


Dan jika Anda lebih suka belajar melalui video, Anda harus melihat saluran YouTube kami , di mana kami membagikan kiat dan trik pembuatan video harian, tren dan ide video terbaru, dan membantu Anda menghasilkan lebih banyak uang sebagai pembuat video.

All Post
© Copyright Jasa Pembuatan Video Intro Youtube

Form WhatsApp

This order requires the WhatsApp application.

Order now